gilang pratama

Garmin + Indonesia Map [without GPS]

March21

semakin hari kota jakarta kita ini semakin macet saja..tentunya hal ini  menyita waktu yang akan lebih banyak dihabiskan dijalanan..

adanya GPS sebagai pencari jalan alternatif tentunya akan menghemat waktu & tenaga kita, lalu bagaimana dengan kita yang belum memiliki gadjet tersebut [termasuk saya  >|<]..

ada satu alternatif  untuk dapat mencari tempat umum (waypoint), mencari jalan (routes) dan pengukuran jarak tempuh. yaitu software Garmin diramu dengan peta indonesia buatan Navigasi.net (2-nya gratis kok)

bahan baku

garmin mapsource : http://www8.garmin.com/support/download_details.jsp?id=209

peta indonesia : http://www.navigasi.net/goptd.php

cara memasak

  1. extract terlebih dahulu garminnya dengan winrar kemudian instal terlebih dahulu file MAIN.msi

lalu baru install setup.exe.

capture

2. setelah garmin terinstal dikomputer anda, sekarng instal peta indonesianya.

3. kemudian setting konfigurasinya sesuai dengan kebutuhan

  • Klik Edit ->Preferences -> Unit. Ganti option yang ada sesuai kebutuhan.

  • Klik Edit -> Preferences -> Routing. Atur seusia kebutuhan.


    4. Klik Find -> Find Places. Di Tab feature, set Place Category = All Point of Interest. Set Name = Makro Alam           Sutera. Klik Find, dan klik dua kali hasil yang muncul. Akan muncul daerah tersebut di layar. Pilih waypoint tool dan klik daerah Makro Alam Sutera. Akan muncul kotak dialog penamaan. Buat namanya sesuai kebutuhan.

    5. Ulangi langkah 4 untuk buat waypoint di Margo City Square. Klik Find -> Find Places. Di Tab feature, set Place Category = All Point of Interest. Set Name = Margo City Square. Klik Find, dan klik dua kali hasil yang muncul. Akan muncul daerah tersebut di layar. Pilih waypoint tool dan klik Margo City Square.

    6. Di bagian sebelah kiri, pilih tab Waypoints(2). Select Makro Alam Sutera dan Margo City Square. Klik kanan. Pilih Create Routes, Using Selected Waypoints. Terus di Window yang muncul pilih recalculate.

    7. Jadi deh. Sekarang anda punya rute efektif dari Margo City Square ke Makro Alam Sutera. Untuk detail yang lebih spesifik bisa lihat di directions.

    nb : thanks to bro Khairil Irfan

    Email will not be published

    Website example

    Your Comment: