gilang pratama

PCC & ICC

March23
  1. Price Consumption Curve (PCC)
    • PCC disebut juga Price Expansion Price karena menggambarkan perkembangan harga.
    • Kurva yang menggambarkan kombinasi produk yang dikonsumsi yang memberikan kepuasan (utilitas) maksimum kepada konsumen pada berbagai tingkat harga (menggambarkan bagaimana konsumen bereaksi terhadap perubahan harga suatu barang, sedangkan harga barang lain dan pendapatan tidak berubah).
    • Dengan adanya penurunan harga barang B, garis anggaran bergerak, dan posisi keseimbangan berpindah. Apabila titik keseimbangan tersebut dihubungkan maka diperoleh garis konsumsi harga. PCC menghubungkan titik-titik keseimbangan konsumen pada berbagai harga pada suatu barang, di mana pendapatan dan harga nominal barang lain dianggap tetap.
    • Kurva permintaan barang dapat diturunkan dari titik-titik pada kurva PPC, menggambarkan jumlah barang yang diminta pada berbagai tingkat harga. Dengan demikian, PCC memiliki hubungan dengan elastisitas harga ->
      • Membantu menentukan nilai elastisitas harga dari permintaan, yang menggambarkan tingkat respon konsumen terhadap perubahan harga.
      • Ketika harga berubah, PCC juga menunjukkan jumlah permintaan barang lain di sumbu vertikal, sehingga elastisitas silang dari permintaan dapat diketahui.
      • Secara grafik slope dari PCC menunjukkan nilai elastisitas harga.
      • Hubungan antara PCC dengan elastisitas harga:
        1. Apabila PCC berslope negatif -> E > 1 (elastis)
        2. Apabila PCC berslope horizontal -> E = 1 (unit elastis)
        3. Apabila PCC berslope positif -> E < 1 (inelastis)

    2-3

    2. Income Consumption Curve (ICC)

    • ICC menggambarkan kombinasi produk yang dikonsumsi untuk memberikan kepuasan (utilitas) maksimum kepada konsumen pada berbagai tingkat pendapatan (menggambarkan bagaimana konsumen bereaksi terhadap pendapatan, seandainya harga-harga relatif tetap).
    • Kenaikan pendapatan di mana rasio harga relatif tetap akan menggeser garis anggaran ke kanan sejajar dengan garis anggaran sebelumnya. Pergeseran garis anggaran tersebut akan menggeser titik keseimbangan konsumen. ICC merupakan garis yang menghubungkan berbagai titik keseimbangan konsumen pada berbagai tingkat pendapatan.

    1-51


    Kurva Engel ->

    • Penurunan ICC adalah kurva Engel.
    • Kurva Engel menunjukkan beragam jumlah barang yang dibeli pada tingkat pendapatan yang berbeda (hubungan antara jumlah pendapatan konsumen dengan jumlah permintaan barang yang dikonsumsi). Misalnya kurva Engel barang X -> menunjukkan jumlah barang X per satuan waktu yang ingin dan sanggup dibeli konsumen pada berbagai pendapatan yang diperolehnya.
    • Berdasarkan kurva Engel dapat diukur derajad kepekaan perubahan pendapatan yang berakibat pada derajat kepekaan jumlah barang yang diminta.
posted under Management | 5 Comments »

HARGA MINIMUM & HARGA MAKSIMUM

March23

HARGA MINIMUM ATAU HARGA DASAR

harga minimum atau harga dasar merupakan batas seberapa rendah harga dapat dikenakan pada suatu produk melalui kesepakatan bersama atau ketentuan pemerintah. Supaya harga dasar bisa efektif, maka harga dasar harus lebih besar dari harga equilibrium.

kebijakan harga dasar dapat biasa digunakan pada saat ditemukan kapasitas produksi di pasar terlalu sedikit sehingga kuantitas barang beredar di pasar lebih rendah dari permintaan pasar, hal ini dikarenakan terlalu rendah nya harga jual yang ada di pasar, sehingga selisih harga produksi dengan harga jual pasar terlalu kecil, hal ini menyebabkan produsen takut untuk memperbanyak kapasitas produksi mereka dikarenakan harga jual yang rendah dan supplier cenderung menyimpan barang mereka menunggu harga pasar pulih kembali. oleh karena itu dalam situasi seperti ini pemerintah biasa nya menetapkan harga dasar. harga dasar yang ditetapkan akan berada di atas harga equilibrium pasar, seperti dijelaskan di atas. namun pada saat kebijakan ini dijalankan, ada beberapa efek samping nya, terutama pada sisi konsumen, konsumen akan diberatkan pada naik nya atau tinggi nya harga suatu produk yang dikenakan harga dasar tersebut, mereka harus membayar lebih mahal. sementara itu, dari sisi produsen atau pun supplier, mereka akan mendapatkan jaminan atasharga yang lebih tinggi dari sebelum nya, sehingga ada keamanan untuk meningkatkan kapasitas produksi.

HARGA MAKSIMUM

harga maksimum merupakan perubahan tertinggi yang diperbolehkan terhadap suatu harga barang yang telah ditetapkan dalam suatu kontrak dalam suatu masa perdagangan sesuai dengan aturan perdagangan yang ada. harga pasar yang terkena harga maksimum tidak diperboleh kan untuk menaikkan harga di atas harga maksimum yang telah ditetapkan.

kebijakan harga maksimum biasa nya diberlakukan pada saat harga pasar yang ada tidak mengalami kenaikan yang cenderung berarti dalam kurun waktu yang singkat sedangkan suatu permintaan pasar terhadap produk meningkat. hal ini akan memicu produsen atau supplier untuk menaikkan harga. dalam situasi seperti ini kebijakan harga maksimum perlu diberlakukan untuk menjaga stabilitas harga pasar supaya kenaikan harga yang ditetapkan oleh produsen tidak terlalu tinggi dan tidak membani produsen.

posted under Management | 1 Comment »